Koleksi Handphone dan smartphone ku dari masa ke masa

 Cerita Davido

KOLEKSI HANDPHONE DAN SMARTPHONE KU DARI MASA KE MASA


Kata orang Hp harus di ganti minimal 5-10 tahun sekali dan yang bekas harus di buang... Namun entah mengapa HP rusak dan hancurku ini penuh masa masa indah dan kelam ( buruk ) yang ingin aku share kan disini sebagai kenangan untuk diriku dan pembaca... 

Banyak orang khususnya orang barat barang elektronik seperti HP adalah sampah ketika sudah rusak dan harus di buang ke tempat yang bertanggung jawab (bukan sembarangan tong sampah) namun di indonesia HP bekas bisa di jual kembali bahkan bisa di servis... Akan tetapi sayang di sayang... Ada ribuan HP di dunia ini,tak seberapa HP tak bisa lagi di servis bahkan ganti baterainya ketika teknologi lama terganti kan dengan teknologi terbarukan.




HP PERTAMA :

NX800 NEXIAN

Di awal pas mamaku baru saja berpulang ke yg maha kuasa kira kira antara tahun 2007 aku menginginkan sebuah hp supaya dapat menelepon dan sms dengan keluarga dan banyak hal yang kuinginkan di HP... Mulai lah aku menabung uang dari hasil uang mingguan kakakku yg tiap minggu ku dapatkan 50 ribu (saat itu keuangan belum susah seperti sekarang) 

Nah... Aku mencapai puncaknya yakni 300 ribuan... Aku titip uang itu ke kakakku untuk membeli HP... Datanglah beberapa hari kemudian Kakakku mengantarkan HP baru dan katanya harganya engga 300 ribu tapi ada lebih tapi sama kakakku di tambahin uangnya jadi aku bisa dapatkan HP Nexian 800 ini.... Alangkah senangnya aku dgn HP ini.. background nya indah dengan latar belakang pantai di temani tempat duduk dan pasir kuning cerah dengan ringtone yang woahhh... Enak enak banget! Bahkan ringtone favoritku di NX800 sampai sekarang ku ingat banget angkanya yg angka 1 ke 8

Suatu ketika hp NX800 ini iseng2 aku penasaran apa itu " Airplane mode ? " Saat aku coba sekali woahhh terkejut sekali ! Hpku langsung rusak... Engga bisa menelepon dan sms juga gak bisa ngapa2in lagi... Kembali ke off juga gak bisa... Aku lalu kuatir dan untungnya ada teman gereja yang baik yaitu hamba Tuhan gereja di kebaktian remajaku dahulu namanya Ci iin (Ci irene) dia bantu servis hp NX800 ku ini ke Ko Rony (Roni yg sekarang penyiar radio suara indah) dia rela servis hpku tanpa biaya alias gratis dan berapa hari kemudian hpku kembali normal... Hanya saja aku jadi trauma tekan menu yg tulisannya "Airplane mode" lagi dan ada yg tergantikan suara ringtonenya yg lama menjadi suara ringtone yang sebagian baru.... Namun tetap enak....

Kemudian suatu hari kembali terjadi sebuah moment terakhir hidup si HP nx800 ini.... Hpku di cas engga naik naik bar battery nya... Ehh kok baterenya makin gendut ya ? Sampai tutupnya engga bisa di tutupin lagi... ( Amit2 meledak setelah tau kalau itu batere rusak dan bakal meledak ) lalu tiba2 keluargaku dan teman grj nasehatin aku dan ada keluarga yg marahin aku katanya jangan jorok makanya punya hape teh... Katanya harus di ganti hpnya jangan di paksain karna nanti meledak... Lalu langsung aku gak berani sentuh lagi itu batere hpnya dan aku buang baterenya udah.... Hp itu hingga sekarang tanpa batere....

Keajaiban tiba...
Suatu ketika (sesudah punya HP esia online) aku iseng colokan charger Hp esia online yg kebetulan ukuran colokannya sama dengan HP NX800 ini...
Tiba2 GEBRAY NUGEULIS NU KASEP !!! 
aku kaget banget layaknya zombie yang hidup kembali setelah mati.... Hp NX800 ini menyala hanya di charger tanpa otak! (Batere) wahh disitu aku terharu.... Data kontak dan smsku yg terpendam disitu semua muncul... Dari kenangan lama seperti percakapan sms ko felix sampai teman sekolahku saddam....

Hingga saat ini hp NX800 nexian masih kusimpan dan ada berapa kontrol dan tombol yang sudah susah di tekan....
Bahkan kedua ringtone yg kataku enak musiknya udah aku post ke youtube jadi ada orang yang mendengarkan musik langka dari Ringtone NX800 nexian ini....

HP KEDUA (2010) :

ESIA ONLINE HUAWEI C6100


Hp keduaku adalah hp ultahku yg ke 10 tahun mungkin ? Pokoknya seingetku 2010 adalah kenangan terindah setelah oktober tgl 4 aku tiba2 di kasih Hp baru yg aku inginkan yakni ingin hp baru yg ada warnanya... Terus bisa dengar musik mp3 dan main game.... Ehhh tiba2 aku di kasih pas ultah dan katanya itu buat hp pengganti hpku yg rusak yg NX800 yg baterenya udah gendut dan katanya udah jangan di pakai lagi buang aja kata kakakku....

Jadi saat di kasih aku buka sebuah kado yg cukup simple dan kotak kecil tapi berat.... Saat aku buka ada gambar hpnya di box itu,tapi aku gak kaget karna pikir "ahhh... Pasti cuman boks abal abal dari kakak di tutupin pakai boks hp dan isinya pasti gelas atau handuk hahahaha! Sampai mikir gitu yah..." Namun AAAAHHHH!!! ternyata hp yg ku inginkan !!

Saking senangnya tiap hari selama hpnya masih baru dan dapat kartu memori 2 GB aku selalu minta kakak di kamarnya punya komputer untuk transfer musik MP3 ke hpku yg baru ini.... Enaknya aku bisa dengar MP3 lagi (sebelumnya aku memang punya MP4 player tapi rusak)

Kenangan lainnya di hp ini yaitu aku pernah beli pulsa terus aku coba beli level game di dalam Hp esia online yakni "gobak sodhor" disana aku beli 1 sampai 8 level murah cuman 3000 an harganya.....

Hal kenangan yang buruk dan mengecewakan di HP esia online ini adalah pernah beli pulsa udah 2x ganti kartu baru beli 10 ribu pas cek saldo langsung saldoku Rp 0 rupiah.... Dan aku kaget ternyata pulsaku kemungkinan di retas orang.... Namun selanjutnya lagi gak terjadi lagi...

Sampai tahun 2013 suatu ketika Esia akan segera berakhir sehingga detik2 dan riwayatnya terekam di pesan HP esia online ini yakni aku dapat bonus aktif kartu perdana dan aku abai karna udah ada smartfren.... Suatu hari lihat berita kalau Esia sudah tidak aktif lagi dan tak menyangka sinyal HP esia onlineku hilang sudah selamanya.

Kenangan lainnya... Aku pernah iseng foto2in hal hal gak berguna dan hebatnya isi kartu memoriku gak penuh2 walau foto udah ada 1000 an ! Gila... Ajaib !

Terakhir. Pada tahun2 berikutnya aku terus merawat hp ini sampai saat ini hp ini benar2 setia dengan usianya yang sudah 12 tahun (mungkin) tapi dia tetap menyala... Normal dengan kartu sim yg masih terpasang.

Namun pada tahun 2022 (awal januari) hp ini mulai rontok tombol2nya dan aku sudah lem tapi tetap saja semua tombol satu persatu mulai rontok.... Mungkin sudah masuk lansia... Dan mulai sakit sakitan....

Hal yg seram dengan hp ini adalah ketika sinyal sudah x (gak ada lagi) kadang2 suka muncul pesan masuk dari aplikasi chat 'n date yang cukup mengerikan! Dengan suaranya "TTIIIIIIT !!!" keras dan hp sudah di silentpun masih tetap bunyi dan yg bikin buluk kuduk naik pesan isi chat n date nya seperti berubah ubah dan tak pernah di ulang2 seakan akan ada seseorang yang mengganti teks dengan masa kini.... Dan pesannya kadang lucu,seperti ajakan untuk kencan,buka aplikasi sampai "ada teman yang menunggu kamu" katanya......




HP KETIGA :

SMARTFREN XSTREAM EV-DO


Di tahun 2011 atau 2012 ku lupa.... Aku sempat ingin Hp baru lagi yang bisa merekam video dan menonton video... Sampai aku mencari hp yang murah apa dan bisa merekam video dan nonton youtube juga... Nah,aku nemuin namanya smartfren Xstream dan aku coba menabung uang lagi karna harganya hampir 400 ribuan... Lalu mulai lah ketika aku sampai 400 ribu aku minta kakak beli kan (lupa tahun 2012 itu kakakku masih tinggal di rmh atau engga)

Nah... Suatu hari entah 3-4 harian,kakakku datang manggil2 namaku dari lantai bawah (kamarku dulu di atas) katanya hpnya udah di beli... Terus lagi2 harganya ada lebih sedikit tapi kakakku bayarin sedikit... Saat aku sudah dapat hp barunya aku senang sekali kini hpku ada 2 ! Dan saat itu aku baru banget menggunakan kartu lain selain esia yakni smartfren.... Pas beli lucunya aku sempat lihat galeri foto ada foto koko selfie di hpku hahaha... Mungkin pas beli di cek dulu ya....

Nah... Ini lah pengalaman buruk yang terjadi dan hp ini gak tahan lama kemudian akibat jengkel...

Muncul sebuah glitch atau kerusakan komponen bahkan cacat produk pada hp ini yg buat aku jengkel... Saat hp di cas body panaasssss banget... Lalu terjadi lah aplikasi di dalam mulai sering force close bahkan gak bisa di operasikan... Lalu aku coba ke kakak minta tolong di servis pakai kartu garansi ( kejadian ini lupa banget... Pokoknya entah aku yg harus ke tempat servis pusatnya atau di antarkan kakak pokoknya harus ke pusatnya namanya Dukomsel )

Lupa dan gak ingat... Hp ini sudah di servis,tak berselang lama muncul lagi kerusakan dan tambah parah... Aku gak bisa memotret dan merekam video... Buka radio FM juga gak bisa... Akhirnya aku coba sendiri ke BEC naik angkot ke pusat smartfren dan minta di servis tapi kata pihaknya disana harus ke pusatnya yg lain lagi (di oper2) ke dukomsel lagih... Akhirnya pasrah aja udah... Ada 2-3 aplikasi gak bisa di pakai lagi walau sms dan telpon normal....

Suatu hari HP xstream ini aku buang ke selokan karna selain sudah rusak parah juga ada sesuatu yang bikin ketagihan yakni ketagihan lihat gambar monster yang berjenis file gif sehingga aku berdoa pada Tuhan supaya nafsu negatifku dgn seks monster ini hilang dengan membuang hp ini ke selokan jauh2 supaya gak bisa di cari dan di ambil lagi.......

Dan sudah.... Yang tertinggal hanya dusnya saja untuk selamanya.... Dengan charger yang batangnya sudah rusak.

Hal moment yang menyenangkan dari hp ini
Hmmmmmmmm.....
Palingan sms yang muraaaahhh banget kalau kirim 1x pesan cuman memotong pulsa 100 rupiah saja... Terus yang menyenangkan ya itu... Bisa merekam video..
Bahkan kalian tahu video paling pertama di youtubeku David ocktora yang sedang rekam anjing peliharaanku Dolfy ? Itu di rekam oleh kamera Hp smartfren xstream......

Well dulu nonton youtube gak sempat di rasakan karna dulu belum murah banget kalau nonton video dan paket kuota belum banyak atau ada.... Jadi di hp sial itu gak pernah atau 2x sekalipun nonton youtube langsung.....



HP KE EMPAT :

SMARTFREN ANDRO


Hidup biasa biasa saja karna HP esia online masih kuat (jagonya donk~ sampai sekarang masih idup tu hp...) Maka aku tetap pakai hp esia online untuk berapa bulan atau tahun.... Terus engga tahu antara tahun 2013-2014 an ponakanku nicholas mempunyai Hp smartfren namanya Andro... Nah itu baru pertama kali aku terkagum kagum dengan teknologi layar sentuh yg namanya android itu.... Sampai irinya kadang aku pinjam hp smartfren dari ponakanku ini yg masih umuran 10-12 tahunan... Untuk main game entah itu aku lupa apa namanya... Kalau pocket god kalau gak salah di hp ponakanku yg lama namanya ipod (paling pertama) dan katanya hilang gantinya smartfren andro.....

Entah kenapa suatu saat saking aku irinya sama teknologi android aku berusaha menabung uang sampai 800 ribu targetnya atau 899 ribu buat beli smartfren Andromax (yg pertama yg layarnya masih 3.5 inch) namun susaaaahh banget nabungnya... (Karna saat itu sudah harus beli bahan2 kehidupan sehari2 sementara uang mingguan saat itu dapatnya jadi 75 ribu) jadi nabung seminggu waduuuuuu.... Sedikit banget dapetnya....

Eh suatu hari Ponakanku ini saat datang ke rumah dan nitip anak kakakku... Sambil main ps,aku curhat mau beli hp baru ke nicho... Dan dia bilang "beli aja atuh hpku aqiu..." Katanya katanya harganya udah 500 ribu aja bilangnya... Wah aku sampai kaget jangan2 bercanda... Tapi aku malah benar ngasih uangnya dan...... Ponakanku di jemput,DIA BENAR BENAR MENINGGALKAN HPNYA !!! dan benar2 hp itu sudah di bolehin kakakku jadi milikku... 

Kenangan terindah dari Hp ini adalah hp andro dari ponakanku ini ternyata sudah di root ! Sehingga ada "super user" nya... Dan gila.. mirip komputer banget ada alat hacking juga (kayak aplikasi run) untuk membunuh aplikasi sistem yang terpasang...
Juga wahh aku pas memilikinya udah bangga seperti orang kaya dengan hp canggih layar sentuh sampai2 pasang live wallpaper lihat ikan koi... Wih rasanya asyik !

Hal yang menyedihkan dan kecewanya adalah....
Hanya karna hp ini suatu hari baterainya jadi aneh.. kalau di cas kadang gak turun cepat tapi pas 1 jam tiba2 baterainya mau habus padahal baru di cas dan 100 persen....

Hp ini 100 persen gak ada cacat produk dan bagus.. hanya saja karna sudah di root pernah hapus sebagian apk sistem sehingga resikonya makin parah... Playstore ke hapus dan gak bisa ngapa2in lagi... Tapi suatu ketika aku kesetanan tiba2 saja aku melemparkan hp andro ini (ketika sudah ada 2 hp andromax A dan andromax c3 ) ke ember berisi air lalu membiarkannya sampai berkarat dan main main melemparnya dari lantai 2 ke lantai 1 rumahku sampai pecah.... Sungguh moment mencewakan meskipun barang... Walau mati gak akan bisa di bawa ke alam kematian,tetapi tetap saja hal itu bagiku hal bodoh sekali yg akhirnya aku kecewa padahal hp ini penuh kenangan....

Saat ini hp ini kusimpan baik2 dan sempat aku perbaiki dan bersihkan karatnya lagi namun engga bisa 100 persen sempurna...

Semoga gak begini lagi ya aku setelah hp yg lain rusak,belajar kecewa.


HP KE LIMA :


SMARTFREN ANDROMAX C3


Hp ini ku beli dari hasil tabungan gaji kerjaku saat tahun 2015 (mungkin) di campur uang tabungan dari uang mingguan pula...

Aku lupa harganya berapa mungkin 699 atau 700 ribu ke atas... Aku ingin HP android terbaru lagi karna saat itu Hp smartfren Andro belum ada sosial media bernama "BBM" atau blackberry messenger.

Nah.... Setelah aku membelinya sendiri ke BEC aku ingin warna abu2 dan awalnya aku lihat review videonya di youtube di hp andro kalau yg warna abu2 harus di beli karna keren.... Eh beneran keren !

Andromax C3 punya banyak kenangan indah dan sejarahnya aku belajar menggambar Digital art di HP ini...
Pada awal tahun 2016 aku di beri rekomendasi oleh teman asal Thailand kalau mau coba menggambar lewat hp install Autodesk sketchbook... Setelah aku pakai A. Sketchbook ini sampai hari ini,aku gak mau ganti aplikasinya karna aplikasi ini paling nyaman yang pernah aku rasakan... Dan semua kenangan aku jadi seniman digital sampai sekarang ya karna berkat HP ini....

Andromax C3 ini paling nyaman di saat itu untuk di pakai menggambar... Karna semua smartphone yang aku coba termasuk tablet ponakanku,engga ada yang sebagus HP ini ketika menggambar memakai jari sangat lancar... Garisnya engga ikutin jari jadi pas pada jari yang aku oles oles pada layar sehingga stabil....

Kenangan ini saja kali yah yang sangat tersimpan dalam ingatan... Jadi aku sudah lupa kenangan indah lainnya pada hp Andro C3 ini...

Suatu hari HP ini juga mulai aneh baterainya jadi cepat habis setelah di cas... Lalu muncul sebuah garis2 lalu layar mulai memblank putih.. kelihatannya dead pixel,lalu aku berusaha menabung uang untuk bisa beli hp baru lagi tapi kerusakan hp andro C3 terlalu cepat sebelum uangku cukup buat beli hp baru... Sehingga temanku pernah bantu aku belikan hp baru dengan menyicilkan tiap bulan hanya 100 ribu saja targetnya sampai 1.600 juta.

Oh iya... Setelah aku dapat memakai hp baru,hp ini sempat aku celupkan ke air di ember dan untungnya aku jaga hp ini tidak di hancurkan karna banyak kenangan,termasuk stiker body nya pernah aku pasang wallpaper "werehog calibur" yg aku pesan ke teman gereja sangat murah hanya 20k atau 10k lupa....
Jadi walau entah dia bisa nyala lagi atau engga... Aku masih menyimpannya dengan banyak kenangan indah.


HP KE ENAM : ANDROMAX A


Di beli pada 07 september 2016 tanggal yang tertera di struk pembelian HP di boxnya...

Kalian tahu? Berapa aku membeli HP ini ? Ohh... Murah sekali tapi berkualitas ! Harganya Rp 99.000 rupiah! Moment terindah membeli hp ini sampai sekarang.... Mengapa bisa ?


Entah tanggal berapa yang pasti sebelum tanggal 7 bulan September 2016 dimana hpku masih Andromax C3 tiba2 saja aku dapat sms dari smartfren (karna katanya cdma mau di suntik mati/di matikan) di sms itu tertera tulisan " buruan! Beli hp andromax A hari ini juga cukup tunjukan sms ini pada blablabla... Dan harganya Rp 99.000 saja ! " Aku kaget dengan spam sms itu dari smartfren ku pikir bohong atau beneran tapi ada syaratnya.... Kemudian entah aku kepikiran kalau di tabunganku saat ini ada uang 100 ribu.... WOAHHH!! aku jadi tertarik langsung aja....... (Gak tau besoknya apa aku langsung kesana pas menerima sms,gak mungkin kali.... )

Nah tepatnya tgl 7 September 2016 aku ke BEC bandung ke pusat smartfren untuk sekedar berjalan2 juga bertanya...
Seingetku aku coba datang pagi2 dan terlihat BEC belum buka... Aku terus menunggu di depan pintu BEC sampai akhirnya aku ke lantai bawah dan lihat.... Woahhh!!! Pusat smartfren udah banyak banget yg ngantri supaya bisa dapat hp andromax A.

Beruntung (oh puji Tuhan... Mengapa makanya aku setia pada smartfren... Pelayannya baik banget) aku disana kebagian HP andromax A nya dan aku bilang bisa minta warna putih? Katanya engga mas... Karna ini sedang promo katanya HAHAHA!!

akhirnya gitu deh... Aku senang banget! Punya hp baru padahal belum pengen juga hahaha! Tapi nomor cdma ku harus di transformasi menjadi 4G akhirnya.....

Hp ini gak ada cacat produk sama sekali.... Dan bagus banget.... Cuman ada moment kecewaanku yg bodoh dan tolol ini.... Pernah aku hanya gara2 internet lemot dan tulisan teks yang ku buat panjang2 (kayak di colornote ini) hilang.... Terhapus sendiri akibat ngepost tapi internet mati... Dan disitu aku shock banget sampai marah lalu banting hp dan layarnya sempat pecah.... Akhirnya aku tanggung jawab (rugi juga) aku servis mahal 200-300 ribuan layarnya ke BEC tau2 layarnya jadi aneh... Kalau pencet keyboard jadi salah ketik terus... Dan engga bisa pencet tombol multiple ( 2-3 jari sekaligus) sehingga main game jadi gak nyaman...

Ya... Itulah momen indahku yang bikin aku setia sama smartfren selamanya dan kecewaanku ini tersimpan di memori....
Walau ada suka dan duka tetap saja HP andro A ini masih bertahan sampai sekarang... Bahkan aku sedang menulis ini pun aku sedang mendengarkan radio FM di hp andromax A


Namun 1 bulan ini sejak bulan juli... Hp andromax A mulai muncul garis putih di paling bawah dekat hotkeys (tombol) dugaan sementara karna sering jatuh atau tertekan terlalu kencang.... Dan ini resiko... Aku sedih bingung gimana beli hp baru lagi karna zaman sekarang sedang akhir zaman.... Pandemi... Krisis... Perubahan iklim.... Nabung uang ketika belum dapat kerjaan ya susah... 100 ribu bisa ke tabung palingan 1 bulan.. sisanya buat kebutuhan lain...

Kalau tanpa HP primary (kedua) aku bakal sulit untuk lihat referensi gambar untuk menggambar.... Juga kalau tiap malam mau jaga jantung dari suara knalpot bising atau moge lewat pakai sound meter jadi gak bisa tanpa andro A.... Karna sound meter butuh gak ada suara karna suaranya harus dari MIC utama untuk deteksi suara sekecil apapun...

Hp ini terus di pakai dari zamannya masih ada Andromax C3 untuk menggambar sebelum Andromax C3 rusak lanjut ke HP ke tujuh.





Komentar

POPULAR POSTS